RW18 Abadijaya Pilot Project KRPL



KIMDEPOK - Lingkungan di RW18 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya menjadi pilot project model Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) sebagai solusi pemantapan ketahanan pangan. Hal itu disampaikan Lurah Abadijaya, Widiyanto.

“Saya mempercayakan di RW18 untuk percontohan model Rumah Pangan Lestari (RPL), dan diharapkan dapat diikuti di lingkungan lain," ungkap Widiyanto.

Ia mengatakan, pencanangan pengembangan KRPL tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga dan masyarakat. Khususnya dalam pemanfaatan lahan pekarangan di perkotaan maupun di perdesaan untuk budidaya tani.

“Dengan adanya program KRPL di sini, warga yang memiliki lahan atau pekarangan rumah dapat menanam buah-buahan, sayur-mayur dan lainnya. Jadi, ketersediaan pangan masyarakat bisa terpenuhi," jelasnya.

Menurutnya, pemanfaatan pekarangan rumah bisa memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta masyarakat secara lestari.

“Bila perlu sayur-mayur dan buah-buahan, tinggal petik gak usah beli lagi,"paparnya.

Selain itu, lanjut Widiyanto, pengembangan KRPL dapat memelihara sumber daya genetik. Selain itu, mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat.

“Sasaran program kerja KRPL adalah berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari,” tuturnya.

Untuk mensukseskan program tersebut, Kelurahan Abadijaya menggandeng Kecamatan Sukmajaya dan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok untuk menerjunkan penyuluh dari pertanian sebagai pendamping. (Bams)

Komentar