Pembangunan di Depok Jaya Hampir Capai Target


KIMDEPOK - Berbicara tentang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) tingkat kelurahan sebagai mitra pemerintah dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang pembangunan. Disisi lain, peran LPM untuk merencanakan serta mengawasi pelaksanaan pembangunan yang ada di wilayahnya.

Seperti capaian pembangunan yang terdapat di kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, progress realisasinya capai 50 persen. Pernyataan itu diungkapkan oleh Wakil Ketua LPM Depok Jaya, Toro Budiarko.

Dikatakan Toro sapaan akrabnya, pelaksanaan pembangunan wilayah Depok Jaya di tahun 2018 ini sudah hampir mencapai target. Kata dia, pelaksanaan pembangunan tahun ini lebih kepada Drainase dan betonisasi, perbaikan jalan, sarana olahraga, jalan lingkungan.

"Jadi, capaian pembangunan 50 persen itu berasal dari program Musrenbang dan program aspirasi dewan di tahun 2017 di wilayah Depok Jaya. Disamping itu program aspirasi yang merupakan peralihan melalui anggaran perubahan baru dilaksanakan pada akhir tahun 2018," ungkap dia.

Ia pun merincikan, dari hasil musrenbang tersebut, baru 4 kegiatan yang terlaksana diantaranya, pembangunan Drainase di jalan Tanjung Raya RW 07, Betonisasi di Jalan Teratai RW 06 dan Betonisasi jalan Cendrawasih RW 08 serta Jalan Pipit dan Tenggiri di RW 10.

Sementara itu, pelaksanaan pembangunan melalui program aspirasi dewan, antara lain, perbaikan beberapa jalan dan sarana lapangan olahraga, jalan lingkungan, dan taman ramah anak.

"Untuk aspirasi dewan pembangunan taman ramah anak di RW 05 dan RW 12 masih dalam proses pelaksanaan pengerjaan," ujarnya.

Selain itu, Toro menambahkan, ada beberapa program diluar program aspirasi dewan ataupun Musrenbang. Program itu lebih kepada pemberdayaan masyarakat berupa bantuan ready mix, pelebaran jalan salak dan Rambutan, pembangunan Jembatan penghubung ke jalan Raya Tanah Baru.

"Tahun ini bantuan ready mix dari Pemkot Depok dikerjakan secara swakelola warga di jalan Belimbing RW 03. Sedangkan pelebaran jalan dan jembatan penghubung bantuan dari dinas PUPR. Mudah-mudahan baik program musrenbang, aspirasi, swakelola sebelum memasuki tahun 2019 dapat segera terealisasi dengan baik dan mendapat hasil maksimal," tutupnya. (Rahman)

Komentar