Penderita Katarak Didominasi Usia 50 Tahun

KIMDEPOK-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mencatat pada tahun lalu ada sebanyak 384 orang warga Depok yang menderita mata katarak. Dari total penderita, kebanyakan adalah pasien berumur di atas 50 tahun.

“Rata-rata pasein berusia lanjut di atas 50 tahun. Penyebabnya antara lain bisa trauma, diabetes atau gula, hingga gagal ginjal itu bisa mamacu, dan lainnya," ungkap Kabid P2P Dinkes Depok Rani.

Mengenai jumlah penderita katarak di Depok untuk tahun ini, pihaknya belum bisa memastikan karena belum ada pendataan. Namun, dipastikan penderita mata katarak berkurang. Pasalnya, pasien banyak melakukan operasi di rumah sakit, baik di Depok mapun di luar Depok.

“Dalam hal pengobatan, penderita katarak tidak khawatir karena Dinkes Depok sudah bekerja dengan BPJS Kesehatan dan RSUD Depok. Jadi, penderita mata katarak bisa ditangani oleh RSUD, sedangkan untuk biaya bagi peserta BPJS Kesehatan bisa dicover operasi hingga sembuh,” katanya.

Sejumlah rumah sakit swasta di Depok juga secara rutin melakukan operasi katarak secara gratis untuk masyarakat, seperti yang dilakukan RS Permata Depok. Hal ini sebagai komitmen dan kepedulian kepada masyarakat yang diaplikasikan melalui dana corporate cosial responsibility (CSR)

“Guna mengurangi angka penderita katarak bagi warga Depok. Pihak rumah sakit Permata Depok mengelar operasi mata katarak bagi warga Depok,” tandasnya.

Komentar