DPAPMK Sosialisasi Program KB



KIMDEPOK - Kampung KB di RW 01, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan tidak hanya mewujudkan program menjarangkan kehamilan, namun melalui program lainnya secara terintegrasi.
Fatmaniar selaku Koordinator KB Kecamatan Sawangan mengatakan, program Kampung KB tidak hanya terkait dengan penyuluhan KB, tetapi terdapat 8 fungsi yaitu, seksi agama, cinta kasih, ekonomi, reproduksi, pendidikan, lingkungan hidup, sosial dan budaya.
“Jika program ini berjalan dengan baik, maka tingkat kesejahteraan masyarakat lebih meningkat,” kata Fatmaniar usai mengikuti sosialisasi KB di RW 01, bersama aparatur Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga, Selasa (20/3).
Dalam sosialisasi tersebut, para peserta yang merupakan kaum pria menikah, mendapat penyuluhan terkait program vasektomi, karena di wilayah tersebut sekitar 150 pria mengikuti program vasektomi yang dilakukan pada 1984 silam.
“Jadi, KB ini pesertanya tidak hanya kaum wanita, termasuk juga kaum pria,” katanya.
Sebelumnya, Hariyati Suparsih selaku Kepala Seksi KB DPAPMK, program KB sudah dilaksanakan sejak lama, kegiatan ini guna menjarangkan kehamilan. Dan di antara program KB ini tidak hanya diperuntukkan kaum perempuan menikah, termasuk kaum lelaki dengan divasektomi.
“Vasektomi ini sudah bayak dilakukan warga, termasuk di Pasir Putih ini, dan pria yang divasektomi hingga sekarang ini sehat dan gagah,” kata Suparsih.
Program penyuluhan ini diberikan untuk suksesnya program Kampung KB yang dicanangkan Pemkot Depok, termasuk RW 01 Pasir Putih yang dijadikan sebagai Kampung KB.


Komentar