UMKM Harus Optimalkan Digital Marketing



Pengembang properti PT Permata Sakti Mandiri (PSM) yang membesut proyek hunian Apartemen Cimanggis City, di kawasan Cimanggis, mendorong para pelaku bisnis terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengoptimalkan pemanfaatan digital marketing dalam memasarkan produknya.

Upaya ini dilakukan dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) Digital Marketing Pemacu Bisnis UMKM di Marketing Gallery Cimanggis City, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, Rabu (24/01).     

Kegiatan yang diikuti para pelaku UMKM se-Jabodetabek ini menghadirkan pembicara Head of Sales Engagement LAZADA Adi Putra, Pakar Digital Marketing Andreas Agung, dan Project Director Cimanggis City Sanggam Sitorus, 

Project Director Cimanggis City, Sanggam Sitorus, mengungkapkan terus bertambahnya jumlah pengguna internet di seluruh dunia mendongkrak popularitas digital marketing sebagai salah satu cara paling jitu untuk memasarkan produk atau brand. Sebagian besar pelaku usaha juga sudah menjadikan internet sebagai market place bagi pemasaran produk-produknya

"Saat ini bahkan pada masa mendatang aktivitas pemasaran melalui digital marketing sudah menjadi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia. Karenanya, penguasaan cara mengoptimalkan digital marketing oleh setiap pelaku bisnis menjadi sangat penting guna mendogkrak volume penjualan," ungkapnya. 

Sanggam menyebut, penyelenggaraan FGD kali kedua yang didukung Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok, Mikro Forum, dan Majalah Urban City merupakan bentuk kepedulian Cimanggis City dalam mehumbuhkembangkan sektor bisnis UMKM di tanah air. 

"Sebelumnya, melalui event yang sama kami membuka kesempatan kepada pelaku UMKM untuk menjadi mitra usaha skala besar. Ini merupakan kepedulian sekaligus kreativitas kami dalam memperkenalkan Apartemen Cimanggis City kepada khalayak ramai," katanya.     

Seperti diketuahui, Cimanggis City, kawasan hunian yang cukup strategis di Jl. Raya Bogor, Cimanggis, Depok, berjarak 500 meter menuju akses UI atau hanya 5 menit dari pintu tol Cisalak  Jagorawi (Cijago) tersebut terbilang kreatif melakukan aktivitas pemasaran. Jelang ground breaking (31Januari 2018), misalnya, pengembang juga akan menggelar customer gathering bernuansa Nederland, bertajuk Wonderen In Januari, pada Sabtu-Minggu (27  28/1) mendatang. 

Apartemen Cimanggis City akan melakukan ground breaking tower pertama, pada akhir Januari 2018. Harga yang ditawarkan saat ini mulai dari Rp 250-an dengan cicilan Rp2 jutaan per bulan. Bagi masyarakat yang mebeli pada bulan ini akan diberikan voucher annual pass Jungleland selama setahun terangnya. 

Narasumber lain, Andreas Agung, menyampaikan setidaknya ada tiga hal yang menjadi strategi digital marketing, yakni eksistensi, intersep (cegatan), dan menjalin relasi. 

"Ada tiga market besar digital yang biasa digunakan, yaitu facebook, instagram, dan youtube. Manfaatkan hal ini untuk memasarkan produk kita," jelasnya. 

"Setelah itu, lakukan cegatan agar orang mengunjungi toko kita. Ini juga untuk mencari  trafic sebanyak-banyaknya. Setelah terjadi pembelian, jalin relasi yang bertujuan agar pelanggan belanja lagi," imbuhnya.

Komentar