Pengembang properti PT Permata Sakti Mandiri (PSM) yang membesut
proyek hunian Apartemen Cimanggis City, di kawasan Cimanggis, mendorong
para pelaku bisnis terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk
mengoptimalkan pemanfaatan digital marketing dalam memasarkan produknya.
Upaya
ini dilakukan dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) Digital
Marketing Pemacu Bisnis UMKM di Marketing Gallery Cimanggis City, Jalan
Raya Bogor, Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, Rabu (24/01).
Kegiatan
yang diikuti para pelaku UMKM se-Jabodetabek ini menghadirkan pembicara
Head of Sales Engagement LAZADA Adi Putra, Pakar Digital Marketing
Andreas Agung, dan Project Director Cimanggis City Sanggam Sitorus,
Project
Director Cimanggis City, Sanggam Sitorus, mengungkapkan terus
bertambahnya jumlah pengguna internet di seluruh dunia mendongkrak
popularitas digital marketing sebagai salah satu cara paling jitu untuk
memasarkan produk atau brand. Sebagian besar pelaku usaha juga sudah
menjadikan internet sebagai market place bagi pemasaran produk-produknya
"Saat
ini bahkan pada masa mendatang aktivitas pemasaran melalui digital
marketing sudah menjadi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia.
Karenanya, penguasaan cara mengoptimalkan digital marketing oleh setiap
pelaku bisnis menjadi sangat penting guna mendogkrak volume penjualan,"
ungkapnya.
Sanggam
menyebut, penyelenggaraan FGD kali kedua yang didukung Kamar Dagang dan
Industri (Kadin) Kota Depok, Mikro Forum, dan Majalah Urban City
merupakan bentuk kepedulian Cimanggis City dalam mehumbuhkembangkan
sektor bisnis UMKM di tanah air.
"Sebelumnya,
melalui event yang sama kami membuka kesempatan kepada pelaku UMKM
untuk menjadi mitra usaha skala besar. Ini merupakan kepedulian
sekaligus kreativitas kami dalam memperkenalkan Apartemen Cimanggis City
kepada khalayak ramai," katanya.
Seperti
diketuahui, Cimanggis City, kawasan hunian yang cukup strategis di Jl.
Raya Bogor, Cimanggis, Depok, berjarak 500 meter menuju akses UI atau
hanya 5 menit dari pintu tol Cisalak Jagorawi (Cijago) tersebut
terbilang kreatif melakukan aktivitas pemasaran. Jelang ground breaking
(31Januari 2018), misalnya, pengembang juga akan menggelar customer
gathering bernuansa Nederland, bertajuk Wonderen In Januari, pada
Sabtu-Minggu (27 28/1) mendatang.
Apartemen
Cimanggis City akan melakukan ground breaking tower pertama, pada akhir
Januari 2018. Harga yang ditawarkan saat ini mulai dari Rp 250-an
dengan cicilan Rp2 jutaan per bulan. Bagi masyarakat yang mebeli pada
bulan ini akan diberikan voucher annual pass Jungleland selama setahun
terangnya.
Narasumber
lain, Andreas Agung, menyampaikan setidaknya ada tiga hal yang menjadi
strategi digital marketing, yakni eksistensi, intersep (cegatan), dan
menjalin relasi.
"Ada
tiga market besar digital yang biasa digunakan, yaitu facebook,
instagram, dan youtube. Manfaatkan hal ini untuk memasarkan produk
kita," jelasnya.
"Setelah
itu, lakukan cegatan agar orang mengunjungi toko kita. Ini juga untuk
mencari trafic sebanyak-banyaknya. Setelah terjadi pembelian, jalin
relasi yang bertujuan agar pelanggan belanja lagi," imbuhnya.
Komentar
Posting Komentar