Pengerukan Kali Engram Berlanjut



Sejumlah Satuan tugas (satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok melanjutkan pengerukan Kali Engram perbatasan Kelurahan Sawangan Baru dan Sawangan.

Pasalnya, Kali Engram yang melintasi sejumlah wilayah kelurahan tersebut di wilayah perbatasan menyempit dan dipenuhi lumpur, sehingga dinormalisasi agar jalan air menjadi lancar.

“Kami melaksanakan tugas sesuai arahan pimpinan, dan saat ini pengerjaan normalisasi dilakukan di badan Kali Engram,” kata petugas yang enggan disebutkan namanya, Rabu (24/01).

Meski pengerukan menggunakan alat berat, namun medan di lapangan cukup berat, karena alat berat tersebut harus melakukan pendakian untuk mencapai areal kali. “Medan di lapangan bisa kita lalui meski jalannya menanjak, tapi bisa diatasi,” ujarnya.

Ketua LPM Sawangan Baru H Aman Suherman yang mendukung program normalisasi menyatakan, salut dengan Satgas PUPR yang mau bekerja melanjutkan pengerukan kali hingga sampai perbatasan antara Kelurahan Sawangan Baru dan Sawangan, meski medannya cukup berat.

 “Secara pribadi saya salut dan berterimakasih kepada satgas yang telah bekerja keras mengeruk kali yang sudah menyempit dan berlumpur, dengan adanya pengerukan jalan air kali tersebut menjadi lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Aksa Santari,  selaku warga di wilayah Sawangan Baru mengatakan, pengerukan lumpur kali dan sampah yang dilakukan Satgas PUPR memberi arti tersendiri, karena dengan pengangkutan lumpur tersebut saat hujan jalan air menjadi lancar, kemudian yang tidak kalah pentingnya, masyarakat bisa menikmati air dari Kali Engram untuk usaha budidaya ikan air tawar.

“Kalo enggak ada air Kali Engram petani budidaya ikan akan kesulitan air, sehingga keberadan kali ini perlu dilestarikan,” ujarnya.

Diketahui Kali Engram sepanjang 7 Km dari Sawangan Baru hingga Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan airnya tidak hanya dimanfaatkan sebagai budidaya ikan, termasuk juga menjadi sumber resapan air.

Komentar