DP4 Depok 1,3 Juta Jiwa



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mencatat Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) di Kota Depok mencapai 1.306.386 jiwa.

“DP4 yang dikirim Kemendagri ke KPU RI kemudian disinkronisasi dengan DPT terakhir pilkada 2015. Lalu rekap keseluruhannya mencapai 1.306.386. Jumlah itu terdiri dari laki-laki 648.840 dan perempunnya 657.596. Jumlah itu nantinya bisa berkurang atau bertambah,” tutur Komisioner KPU Kota Depok Divisi Perencanaan Data dan Teknis, Suwarna Wiryasumarta.

Suwarna mengatakan, jumlah tersebut telah disebar oleh PPDP dalam bentuk hard copy untuk kemudian di cocokan dan diteliti (Coklit) yang dimulai serempak pada akhir pekan kemarin.

“Jumlah itu kami pecah menjadi 3.300 TPS termasuk dua TPS di lembaga pemasyarakatan. Setelah dilakukan coklit ini nanti bisa ketahuan bertambah atau berkurang jumlah pemilihnya, karena ada yang meninggal, pindah maupun pemilih pemula. Namun kecenderungan bisa naik, berkurang juga mungkin saja,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Depok Divisi Umum Keuangan dan Logistik, Nana Sobarna, mengatakan setelah tahapan coklit selesai hasilnya diserahkan ke PPS di masing-masing kelurahan. Setelah itu diterbitkan daftar perubahan pemilih hasil pemutakhiran (DPPHP). Setelah itu direkap dari 10 Maret hingga 16 Maret 2018. 

“Baru munculah DPS. DPS ini nantinya ditempel di masing-masing kelurahan sebagai informasi maupun tanggapan siapa yang belum terdaftar. Setelah itu baru muncul daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), kemudian direkap dan muncul daftar pemilih tetap (DPT),” terangnya.

Adapun runutan pemutakhiran data pemilih seperti PPDP dimulai 20-18 Februari, DPPHP 19 Februari-4 Maret, DPPHP menjadi DPS 10 maret-16 Maret, Rekap DPS 13-19 April, setelah itu penetapan DPT.

“Kami berharap masyarakat terus pro aktif karena pemutakhiran data pemilih masih panjang. Dengan begitu nantinya akan dihasilkan data yang betul-betul akurat agar pelaksanaan pilgub nanti benar-benar berkualitas,” harap Nana.

Komentar