DKI Bantu Pembangunan Infrastruktur Depok



Depok sebagai salah satu daerah penyangga ibukota tentunya memiliki pengaruh bagi DKI Jakarta, termasuk dalam hal infratruktur. Karena itulah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun ini berencana ikut membantu infrastruktur Kota Depok. Tidak kurang dari Rp17, 5 miliar dana hibah akan digelontorkan Pemrov DKI untuk Kota Depok. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi pembangunan peningkatan jalan dan normalisasi Situ Universitas Indonesia (UI).

"Tahun ini, Pemkot Depok telah mendapatkan bantuan dari Pemprov DKI Jakarta berupa pekerjaan dua titik untuk memaksimalkan serapan dan peningkatan jalan," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Manto, Selasa (23/01). 

Dijelaskannya, peningkatan jalan akan dilakukan di perbatasan jalan Margonda Depok dan DKI Jakarta bagian Selatan. Kemungkinan, peningkatan jalan ini akan diperlebar sebab kondisinya jalanan yang meningkung tidak terlalu luas, sehingga sering terjadi tersedatnya arus lalu lintas karena volume kendaraan yang cukup banyak pada jam sibuk. 

"Jalan di perbatasan Depok-Jakarta di Margonda, persisnya tikungan ditingkatkan tahun ini," ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, normalisasi Situ UI dilakukan guna menambah daya tampung serapan air. Hal ini dimaksudkan agar air hujan dan aliran air bisa lebih banyak tertahan dan tidak langsung mengarah ke Jakarta. Dengan begitu, diharapkan hal ini akan meminimalisasi terjadinya banjir di Jakarta.

“Dengan ditambah kedalaman situ diharapkan beban volume air tidak langsung ke Jakarta," katanya. 

Bantuan hibah DKI Jakarta ke Pemkot Depok, katanya lagi, memang digulirkan setiap tahun. Untuk tahun ini, Pemkot Depok mendapatkan dana kurang lebih sekitar  Rp17, 5 milar untuk dua titik. 


"Dikerjakan tahun ini yang mengerjakan pihak Pemkot Depok. DKI hanya memberikan bantuan berupa dana, kami ucapkan banyak terimakasih," tandasnya.

Komentar