Depok Bangun 10 Taman Pertahun



Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menargetkan setiap tahun bisa membangun 10 taman. Dari target tersebut diharapkan pada 2021 sudah terbangun 148 taman di 42 kelurahan se-Kota Depok.

"Hal itu dilakukan sebagai upaya mengejar ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok," kata Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Diana Puspita Sari, Selasa (23/01). 

Diana mengatakan, saat ini di Kota Depok baru memiliki 105 taman di 21 kelurahan, baik taman tingkat RW maupun taman tingkat kelurahan. DLHK Kota Depok akan memprioritaskan kelurahan yang memang belum memiliki taman. Seperti Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter) Kecamatan Cipayung, Kelurahan Cipayung Jaya Kecamatan Cipayung, serta Kelurahan Cilodong Kecamatan Cilodong.

"Untuk itu, tahun ini kami akan prioritaskan pengadaan taman di wilayah yang masih minim fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum), seperti di Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Cilodong," jelasnya.

Menurut Diana, dengan target 10 taman setiap tahunnya, DLHK Kota Depok optimistis dapat memenuhi RTH di 63 kelurahan. Sehingga pembangunan ruang publik dapat secara optimal terpenuhi sampai dengan tahun 2021. 

"Mudah-mudahan target pengadaan taman dapat terpenuhi setiap tahunnya sehingga RTH dapat terpenuhi," harapnya. 

Sementara itu, Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati, mengatakan kalau selama ini Pemkot Depok telah membangun puluhan taman yang dapat digunakan masyarakat untuk berinteraksi sosial dan juga sebagai RTH. Sebab, target pemerintah adalah menyediakan taman di setiap kelurahan. Taman yang ada saat ini bisa disinggahi dan memang didesain untuk masyarakat agar bisa menjadi tempat yang sejuk dan melepaskan penat dari kegiatan sehari-hari.

"Tentunya upaya memperbanyak taman dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) terus dilakukan Pemkot Depok. Taman yang ada saat ini bisa dimanfaatkan warga baik untuk sekadar jogging maupun melakukan interaksi sosial yang sifatnya positif. 

Dikatakannya, keberadaan taman di Kota Depok seperti Taman Lembah Gurame, Taman Lembah Mawar, Taman Merdeka, Taman Jatijajar dan sebagainya diperuntukkan bagi seluruh masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga serta kerabat.


"Jadikan taman berfungsi sebagai ruang interaksi publik dan sebagai RTH," katanya.

Komentar