Cegah DBD, Katar Bedahan Aksi Fogging



Guna mencehah penyebaran penyakit Chikunguinya dan Demam Berdarah Dengue (DBD) Karang Taruna (Katar) Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan hari ini agendakan pengasapan (fogging) di lingkungan RW 02.

Agenda yang digulirkan Katar ini menyusul penyebaran penyakit Chikungunya yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kita agendakan fogging di lingkungan RW 02 supaya warga terbebas dari penyakit DBD, termasuk Chikungunya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk pembawa penyakit,” kata Jojon Nurdin selaku Ketua Katar kelurahan setempat, Selasa (23/01) .

Untuk alat fogging ini, dijelaskannya, disiapkan dari Kelurahan Bedahan, obat pengasapan dari Karang Taruna termasuk pekerjanya, sedangkan masyarakat di wilayah yang akan difoging membeli solarnya.

Dengan kerjasama tersebut, sambung dia, lingkungan di mana lokasi yang akan defogging terbebas dari nyamuk pembawa penyakit, namun untuk jentiknya nyamuknya kemungkinan sulit untuk dibasmi karena berada di penampungan air bersih milik warga.

“Jadi, untuk jentik nyamuknya pemilik rumah harus rajin membersihkannya, karena pengasapan tidak menjangkau ke lokasi penampungan air bersih,” ujarnya.

Bibit nyamuk tersebut, lanjut dia, tumbuh subur pada genangan air bersih, seperti di gelas bekas air mineral, bak penampungan air, maupun ban bekas. Hal itu harus dibersihkan oleh pemilik rumah jika ingin terbebas dari nyamuk.

“Di musim hujan seperti sekarang ini, air hujan akan mudah masuk ke dalam wadah bekas sehingga menyebabkan munculnya sarang nyamuk. Untuk itu, kepada warga wadah tersebut harus dibersihkan sehingga tidak ada nyamuk,” bebernya.  

Dirinya berharap semua masyarakat ikut peduli menjaga kebersihan di rumahnya masing-masing sehingga keluarga menjadi sehat. “Mari kita mencegah penyakit sebelum mengobati,” tandasnya.

Komentar