Baznas Latih Siswa Tanggulangi Bencana


Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok memberikan pelatihan penangulangan bencana alam kepada sejumlah pelajar, kemarin.
Ketua BAZNAS Kota Depok, KH. Encep Hidayat  mengatakan, kegiatan penangulangan bencana adalah program Baznas Depok yakni Baznas Tanggap Bencana (BTB). Baznas merupakan salah satu unsur yang turut andil dalam penangulangan bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, dan longsor.
"Program ini khusus bagi pelajar. Dengan pelatihan ini, diharapkan pelajar tidak panik saat terjadi bencana dan mereka memahami apa yang bisa dilakukan," ungkap Encel, Rabu (24/01).
Dijelaskannya, para siswa nampak antusias mengikuti pelatihan yang diberikan oleh instruktur dari BTB Jawa Barat. Di kegiatan ini diisi dengan pengertian dasar kebencanaan dengan permainan dan nyanyian ringan yang memudahkan siswa mengingat apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi.
“Baznas BTB sesuai dengan tupoksi selalu bersiap membantu korban saat terjadinya bencana. Selain itu, tentunya pemberian edukasi kepada masyarakat untuk berperilaku sadar lingkungan sehingga mengurangi risiko bencana,” paparnya.

Para pelajar, katanya lagi, juga diajarkan mengenai cara memadamkan api saat terjadi kebakaran. Alat yang digunakan adalah berupa kain basah. Siswa pun dikenalkan dengan bermacam peralatan keselamatan diri mulai dari sepatu boot hingga plampung dan perahu karet.
“Siswa diberikan pengalaman untuk memadamkan api menggunakan karung basah dan tabung APAR (alat pemadaman api ringan),” katanya.
Untuk sesi dua, lanjutnya, para siswa mengikuti praktik mengenai pertolongan pertama gawat darurat Siswa diajarkan bagaimana memindahkan korban luka dengan baik agar tidak menambah luka pada korban.
Sementara, Kepala SMAIT Tunas Bangsa, Ahmad Nurhilal, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi siswa nantinya dalam kehidupan.

“bencana terbesar adalah ketika kemaksiatan merajalela di muka bumi dan sekolah merupakan unsur penting untuk memerangi bencana sosial tersebut. Bencana yang terjadi berkait erat dengan perilaku manusia. Itu terdapat dalam Surat An-Nahl ayat 112," tuturnya.

Komentar