Bunga Bangkai Mekar di Rangkapan Jaya Baru



KIMDEPOK - Warga lingkungan RT02/04, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, selama beberapa hari merasakan bau tidak sedap seperti bau bangkai. Bau yang tercium sangat menyengat hingga membuat sulit tidur diduga bersumber dari adanya mayat atau bangkai hewan.
Setelah sekian hari dicari, salah satu warga RT 02/04, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Halimah (47), akhirnya menemukan asal muasal bau busuk yang menyebar. Ternyata sumber bau berasal dari Bunga Bangkai atau Bunga Rafflesia yang berada di belakang rumahnya.
“Saya sama sekali tidak tahu asal muasal bau bangkai, namun mendadak hari Selasa (31/10), bunga yang sebelumnya hanya berbentuk batangan berwarna hijau kecoklatan sekitar dini hari kemudian mekar namun belum menyebarkan bau busuk,” kata Halimah, pemilik bunga Bangkai, Sabtu (4/11).
Setelah sehari mekar, baru tercium bau busuk yang menyegat hingga beberapa meter dari rumah, bau busuk Bunga Bangkai sempat membuat keluarganya juga sulit tidur.
Keberadaan bunga berwana merah tua kecoklatan itu praktis membuat warga sekitar berdatangan untuk melihat keanehan karena di Kota Depok belum ada. Karena banyak warga yang ingin melihat keanehan Bunga Bangkai atau Bunga Rafflesia, terpaksa sekeliling tempat tumbuh bunga di pagar dengan kayu bambu.
“Banyak yang ingin lihat, bentuk, warna dan bau dari Bunga Bangkai yang kebanyakan tahu bahwa Bunga Bangkai itu hanya tumbuh di Kebun Raya Bogor saja,” tutur nenek tujuh cucu yang bersama suami tinggal sejak tahun 70 an di lahan lebih dari 300 meter.
Keberadaan dan informasi mekarnya Bunga Bangkai membuat warga sekitar, termasuk sejumlah murid SDN Parung Bingung 1 langsung berdatangan dan melihat termasuk Kepala SDN Parung Bingung 1, Ruskamafi, menambahkan kebetulan dekat dengan sekolah sehingga dapat dijadikan pendidikan dan pelajaran bagi siswa berkaitan dengan bunga langka atau Bunga Bangkai.
“Ini jelas jadi satu pelajaran atau kegiatan bagi anak siswa SD yang harus diberikan pengetahuan berkaitan dengan bunga langka yaitu Bunga Bangkai atau rafflesia yang jarang mekar,” tandasnya.

Komentar