Upaya Pemkot Tekan Filariasis Dapat Apresiasi



KIMDEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dinilai berhasil dalam meminimalisasi penularan penyakit kaki gajah (filariasis). Hal tersebut, dapat dilihat dengan kesuksesan Kota Depok dalam meraih Sertifikat Eliminasi Filariasis dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) di Demak, belum lama ini.
Sekretaris Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok, T. Farida Rachmayanti mengatakan, penghargaan yang telah diperoleh Kota Depok tersebut, harus disyukuri oleh seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi bagi warga Depok dalam menciptakan lingkungan yang bebas dari ancaman filariasis.
“Rendahnya  penularan penyakit kaki gajah menunjukkan adanya kesungguhan Pemkot dan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih. Selain itu, penghargaan ini juga membuktikan bahwa semakin baiknya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup yang sehat,” kata Farida, kemarin.
Dirinya menuturkan, perbaikan derajat kesehatan masyarakat juga senantiasa menjadi perhatian bagi Pemkot beserta DPRD Depok. Salah satu implementasinya, dengan telah disahkannya Peraturan Daerah (Perda) mengenai Sistem Kesehatan Daerah (SKD).
“Alhamdulillah, saat ini Kota Depok sudah memiliki Perda SKD. Dalam Perda tersebut, Pemerintah lebih berupaya untuk mengedepankan sisi preventif terhadap kesehatan masyarakatnya,” tuturnya.
Dirinya menambahkan, upaya pencegahan penyebaran berbagai penyakit, terutama filariasis harus terus dilakukan. Diantaranya, dengan semakin memperhatikan penataan wilayah kumuh yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya nyamuk penyebab filariasis.
“Kami juga berharap agar Pemkot Depok terus bersemangat untuk mencari terobosan-terobosan baru. Terutama, dalam hal edukasi atau penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup yang sehat,” tandasnya.

Komentar