Tujuh Puskesmas se-Kota Depok Diakreditasi



KIMDEPOK - Tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan akreditasi terhadap Tujuh Puskesmas se-Kota Depok.
Tidak hanya itu, tim akreditasi tersebut juga melihat secara dekat pelayanan kesehatan yang dilakukan di masing-masing Puskesmas.Salah satu yang dinilai tim akreditasi, yaitu Puskesmas Sawangan di Jalan Muchtar, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan.
Elin Herlina selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan mengatakan bahwa Puskesmas Sawangan merupakan salah satu dari 7 Puskesmas se-Kota Depok yang tahun ini diakreditasi oleh Kemenkes. Ketujuh Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Tapos, Sukmajaya, Cilodong, Cinere, Limo, Sawangan, dan Bojongsari.
“Dari hasil akreditasi nantinya Puskesmas Sawangan bakal mendapatkan kriteria dasar, madya, utama, atau paripurna. Kita sudah berusaha maksimal, semoga hasilnya sesuai harapan,” ujarnya usai dikunjungi tim akreditasi Kemenkes, kemarin.
Puskesmas Sawangan  yang dinilai oleh Tim Surveyor Akreditasi FKTP, diungkapkannya, untuk melihat secara dekat, bagaimana pelayanan Puskesmas kepada masyarakat. Serta melakukan pemantauan pelayanan yang ada di Puskesmas.
“Dalam penilaian akreditasi ini tidak hanya internal manajemen Puskesmas saja yang dinilai, tetapi pihak lintas sektor juga turut diwawancara, mulai dari camat, lurah, Danramil, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, kader, hingga sekolah. Mereka ditanya seputar pelayanan Puskesmas Sawangan,” papar Elin.
Selain itu, ditambahkannya, Puskesmas Sawangan juga dinilai dari kegiatan yang sudah dilakukan, fisik bangunan Puskesmas, IPAL, jaringan komunikasi, instalasi listrik, serta sanitasi. Tim penilai akreditasi juga melakukan tinjauan lapangan guna melihat upaya kesehatan masyarakat yang dilakukan Puskesmas Sawangan dengan mengunjungi Posyandu, sekolah, dan UPT Pendidikan.
“Pimpinan puskesmas juga tak luput menjadi salah satu yang diwawancara eksklusif, termasuk tim kendali mutu Puskesmas, dan auditor internal sebagai pihak yang mengawal jalannya SOP di Puskesmas Sawangan,” pungkasnya.

Komentar