PKK Jemput Bola Siswa Untuk Imunisasi MR



KIMDEPOK - Setelah mememberikan bantuan terhadap siswa untuk melakukan imunisasi Measles Rubelle (MR) terhadap siswa sekolah menengah pertama di wilayah Kecamatan Pancoranmas, kini PKK Kota Depok melakukan hal serupa di SMP Islam Arridho dan MI Al Jihad di wilayah Kecamatan Cilodong.
“Kita ingin memastikan semua anak yang ada di Kota Depok telah terimunisasi MR. Kita akan terus melakukan upaya jemput bola bagi yang belum sempat diimunisasi dengan mendatangi sekolah-sekolah dan juga rumah warga,” ujar Elly Farida selaku Ketua PKK Kota Depok, usai melakukan kunjungan lapangan Pekan Imunisasi MR di SMP Islam Arridho dan MI Al Jihad,  Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, kemarin.
Dari hasil penyisiran yang dilakukan, diungkapkannya, ternyata  masih terdapat sejumlah siswa yang belum mendapatkan imunisasi MR. Ini dikarenakan berbagai faktor, seperti anak sakit atau tidak masuk sekolah pada waktu imunisasi MR.
“Kita juga akan memberikan penyuluhan kepada orang tua, karena masih ada yang tidak mau anaknya diimunisasi MR. Ini dikarenakan masih minim pengetahuan mereka tentang imunisasi, dan beredarnya informasi yang tidak benar terkait MR.  Alhamdulillah, kemarin di Pancoranmas, setelah kita edukasi, beberapa orang tua bersedia anaknya diberi imunisasi,” terangnya.
Ia mengakui, penyisiran ke berbagai wilayah yang disinyalir sebagian anak-anaknya belum diimunisasi MR akan terus dilakukan hingga berakhirnya batas waktu program imunusasi pada 14 Otkober.  Ia juga mengapresiasi upaya dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan juga para guru dalam menyukseskan imunisasi MR di Kota Depok.
“Kami datang juga berdasarkan laporan Puskesmas maupun Posyandu. Jika memang perlu, akan kami sambangi dan beri edukasi ke orang tua agar anaknya segera diimunisasi MR, karena imunisasi ini memiliki manfaat yang besar terhadap beberapa pencegahan penyakit terutama campak dan rubella,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti mengatakan, penyisiran terhadap anak-anak yang belum melakukan imunisasi MR  akan terus dilakukan hingga batas waktu yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) yaitu pada 14 Oktober 2017.
“Kita akan terus melakukan sweeping ke sekolah-sekolah dan wilayah RT, dengan harapan upaya yang kita lakukan meningkatkan cakupan imunisasi MR dan semua anak di Kota Depok terbebas dari campak dan rubella,” jelasnya.
Data Dinas Kesehatan Kota Depok, cakupan imunisasi MR dari tanggal 1 Agustus hingga 11 Oktober 2017 tercatat sudah mencapai 97,92 persen. Artinya sudah sebanyak 444.686 anak yang telah diimunisasi MR. Sementara sisanya akan terus dilakukan penyisiran hingga 14 Oktober 2017.

Komentar