Warga Bedahan Diedukasi Tentang Penyakit Thalasemia



KIMDEPOK - Sejumlah warga di wilayah Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan mendapat penyuluhan tentang penyakit thalasemia. Kegiatan  ini diberikan tim penggerak PKK kelurahan setempat sebagai edukasi agar warga mengetahuinya dan bisa melakukan pencegahan.“Penyuluhan ini dilakukan agar warga memahami apa itu penyakit thalasemia, sehingga saat ada anak-anak mereka yang mengidap penyakit tersebut bisa diketahui dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan,” kata Sarianidar selaku Sekretaris Pokja 2 PKK Kelurahan Bedahan, usai memberikan penyuluhan kesehatan di aula kelurahan tersebut, kemarin.
Thalasemia, dijelaskannya, adalah penyakit genetik yang menyebabkan kelainan sel darah merah. Akibatnya, anak selalu kekurangan darah (anemia) yang ditandai rendahnya kadar hemoglobin. Pada thalasemia yang berat, anak harus melakukan tranfusi darah seumur hidupnya.
“Dengan penyuluhan kesehatan ini, minimal warga mengetahui jenis penyakit tersebut dan jika ditemukan bisa segera dibawa ke rumah sakit,” terangnya.
Acara tersebut dirangkai dengan penyuluhan pendataan keluarga yang dilakukan kader PKK lainnya sehingga jumlah data dan warga di wilayah tersebut dapat diketahui secara riil.
“Kegiatan di PKK Kelurahan Bedahan ini rutin dilaksanakan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing, seperti sekarang ini melaksanakan penyuluhan kesehatan yang dilakukan Pokja 2 yang membidangi di antaranya mengenai kesehatan,” kata Unayah, staf Kelurahan Bedahan yang mewakili PKK kelurahan tersebut.
Kegiatan lainnya, lanjut dia, seperti majelis taklim juga rutin diselenggarakan setiap bulan sekali. Dengan padatnya kegiatan yang dilakukan PKK diharapkan program PKK yang sudah ditetapkan oleh Ketua PKK Kelurahan berjalan dengan baik.

Komentar