Walikota Depok : Produk UMKM Depok Tak Kalah dari Produk Luar



KIM DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) terus memberikan perhatian besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ini dikarenakan peran penting yang diberikan UMKM dalam membangun Kota Depok. Hal tersebut yang mendorong Pemkot Depok untuk memasukkan UMKM sebagai program Depok Bersahabat, yakni Depok Sahabat UMKM.

"Salah satunya adalah melalui Festival UMKM yang kami selenggarakan kali ini. Dimana ini merupakan wujud keseriusan dan perhatian kepada para pelaku UMKM yang ada di Depok," tutur Walikota Depok, Mohammad Idris kepada pewarta usai membuka Festival UMKM, Kamis Kamis (20/04/17).

Dirinya memaparkan, melalui program Depok Sahabat UMKM, Pemkot Depok berusaha menciptakan kondisi UMKM yang mandiri, sehat dan kuat guna mendukung perekenomian di Kota Depok. Ia juga menyebutkan, Festival UMKM ini sebagai event promosi bergengsi sehingga mampu menjadi sarana pemasaran yang efektif bagi produk-produk yang dihasilkan oleh Usaha Mikro Kota Depok.

"Tak hanya itu, dengan kegiatan ini kami ingin melejitkan usaha mikro di Kota Depok. Karena produk yang mereka hasilkan tak kalah bagus dari produk lainnya," katanya.

Idris juga menjelaskan, berbagai upaya pun sudah dilakukan pemerintah melalui Depok Sahabat UMKM. Diantaranya dengan membuat Gerakan Bangga Pakai Produk Depok, penguatan bisnis UMKM dan koperasi, serta mendorong pemasaran produk-produk UMKM secara online atau UMKM Goes to Digital.

Tak sampai disitu, pihaknya juga memberikan pelatihan dan wadah bagi UMKM untuk menggelar produk-produknya. Pemkot Depok pun juga memberikan penguatan kepada para pelaku usaha mikro dengan mengajak mereka untuk bergabung dengan koperasi yang ada di Kota Depok agar memiliki badan hukum. Bentuk kepedulian dilakukan dengan cara memfasilitasi atau memberi arahan untuk pembuatan legal aspek kepada para pelaku UMKM yang belum memilikinya.

"Status legal seperti logo halal dari MUI, sertifikat Pangan Industri RumahTangga (PIRT), dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), adalah beberapa hal penting yang harus dimiliki. Agar nantinya masyarakat tertarik serta merasa aman menggunakan produk UMKM. Untuk itu, kami memberikan berbagai sosialisasi dan fasilitasi secara langsung kepada para pelaku UMKM untuk mendapatkan berbagai sertifikat tersebut," katanya.

Dirinya berharap, dengan perhatian yang diberikan kepada para pelaku usaha mikro ini nantinya warga Kota Depok dapat mengetahui, memahami serta mengakui bahwa produk yang dihasilkan tak kalah saing dari produk luar.

"Dengan demikian, semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap produk dalam negeri dapat terus ditumbuhkan bersama," tutup orang nomor satu di Depok tersebut.

Komentar