Komunitas Bagi Nasi, Berbagi Nasi Untuk Sesama



KIM DEPOK - Beragam cara orang lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Begitu juga dengan para Alumni MAN 7, Jakarta Selatan di Depok yang tergabung dalam Komunitas Bagi Nasi. Sesuai dengan namanya, komunitas sosial ini senantiasa memberikan nasi kepada mereka yang membutuhkan setiap hari Jum'at.

Perwakilan Komunitas Bagi Nasi, Syarif Furqon menuturkan, komunitas tersebut membagikan nasi kepada warga yang ada di jalan. Pembagian nasi tersebut ditargetkan untuk pemulung, tukang sampah, becak, juga anak yatim dan dhuafa yang diasuh di Pondok Pesantren serta lainnya.

"Alasan kenapa nasi, sebab nasi itu dibutuhkan pada umumnya untuk makan," katanya.

Ia menjelaskan, pembagian nasi kepada masyarakat memang menjadi target. Terkait hari pembagian, dia menerangkan alasan kenapa pembagian nasi dilakukan pada hari Jum'at. Karena, lanjutnya, pada hari Jum'at amal ibadah dilebihankan pahalanya oleh sang pencipta.

"Mengambil hari yang paling afdhal, berharap sedekah yang diberikan lebih afdhal juga," ungkapnya.

Sebelum membagikan nasi, lanjut Syarif, pengurus komunitas mempersiapkan dan mengumpulkan dana terlebih dahulu. Nantinya bila ada dana yang dikumpulkan sudah mencukupi untuk diberikan, aksi di jalanan pun dilakukan. Bahkan, ada komunitas lain yang ikut tergabung bersama Komunitas Bagi Nasi dalam menjalankan aksi manusia tersebut.

"Kami berharap dengan aksi komunitas ini bisa menjadi amal bagi para anggota Komunitas Bagi Nasi. Karena kita hidup di dunia ini diajarkan untuk saling berbagi dan beribadah kepada Sang Maha Pencipta," tutup Syarif.

Komentar