Gelar Donor Darah, Tri Astuti : Jangan Takut Kehabisan Darah



KIM DEPOK - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok kembali menggelar acara bhakti sosial. Kini pihak RSUD Depok melangsungkan donor darah yang diselenggarakan dalam rangka HUT RSUD Kota Depok ke-8 dan juga rangkaian HUT Kota Depok ke-18.

Direktur RSUD Depok, Asloeah Madjri mengungkapkan, donor darah merupakan kegiatan yang memang rutin dilakukan. Tujuan dari kegiatan bernilai kemanusiaan tersebut adalah membantu dan wujud kepedulian terhadap sesama. Dia memaparkan, untuk kegiatan donor darah kali ini, pihaknya menggandeng PMI Kota Depok dengan target awal adalah 1000 kantong darah. Ada sebanyak 94 pendaftar dan sebanyak 54 kantong darah berhasil dikumpulkan.

"Tentu yang bisa menjadi pendonor itu adalah mereka yang lolos secara teknis. Seperti dalam keadaan sehat, tidak sedang mengkonsumsi obat dan lainnya. Kalau tidak bisa di RSUD, nanti di lain waktu juga bisa langsung ke PMI Kota Depok," tuturnya usai acara, Rabu (12/04/17).

Ia menjelaskan, selama ini kebutuhan dalam pengadaan kantong darah di RSUD Depok terpenuhi atas kerja sama dengan PMI Depok. Saat ini, lanjutnya, RSUD telah memiliki dua Bank Darah. Kedepan, setelah berkonsultasi dengan Kepala Unit Donor Darah PMI Depok pihaknya berencana untuk menempatkan Bank Darah di Gedung BD RSUD Depok. Tujuannya adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada pasien.

"Harapannya, dengan donor darah ini banyak masyarakat yang peduli kepada sesama. Sebab, dengan menyumbangkan darah bagi orang lain akan sangat berarti," paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Depok, dr. Tri Astuti menjelaskan, donor darah tersebut merupakan bagian dari edukasi masyarakat secara umum. Sebab, banyak manfaat dari donor darah, seperti mengetahui golongan darah, berat badan, cek penyakit serta hal lainnya.

"Ini menjadi ajang pendidikan bagi masyarakat agar jangan takut melakukan donor darah. Apalagi sampai berpikir akan kehabisan darah," terangnya.

"Karena darah tidak akan habis saat didonorkan. Tapi yang pasti dengan mendonorkan darah akan bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain yang membutuhkan," tandasnya.

Komentar