Dinkes Depok Targetkan 9 Puskesmas Dapatkan Akreditasi Kemenkes



KIM DEPOK - Setelah sebelumnya ada dua puskesmas yang sudah di akreditasi Kementrian Kesehatan (Kemenkes), kini giliran sembilan puskesmas ditargetkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok untuk hal yang sama. Dua Puskesmas yang sudah mendapatkan akreditasi adalah UPT Puskesmas Cipayung dan Cimanggis.

Kepala Dinkes Kota Depok, Noerzamanti Lies mengungkapkan, dalam proses akreditasi bisa dikatakan ketat dan butuh ketelitian dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Untuk bisa mendapatkan akreditasi sesuai yang ditetapkan, pihaknya berperan dalam melakukan berbagai upaya pendampingan, agar hasil yang diperoleh dengan hasil yang memuaskan.

"Kami terus bersinergi untuk mempersiapkan Puskesmas menghadapi akreditasi, ini terus didukung agar dapat memberikan jaminan mutu yang baik kepada masyarakat," tuturnya.

Lies menambahkan, proses akreditasi dilakukan setiap tiga tahun sekali. Untuk tahun 2017 Puskesmas yang disiapkan yaitu, Puskesmas Beji, Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Sawangan, Puskesmas Bojongsari, Puskesmas Cinere, Puskesmas Limo, Puskesmas Cilodong, serta Puskesmas Tapos.

Kesembilan Puskesmas ini, tambahnya, nantinya akan didampingi oleh tim khusus dari Dinkes Kota Depok. Dalam satu tim pendamping terdiri dari 3 orang yang berprofesi sebagai dokter, perawat, atau bidan.

"Kalau saat ini tim khusus tersebut sedang kami latih, sehingga nantinya siap mendampingi Puskesmas pada waktu penilaian akreditasi oleh Kemenkes," tandas Lies.

Komentar