Dapat Data Akurat PHBS, Dinkes Depok Bekali 78 Petugas



KIM DEPOK - Untuk percepat terwujudnya rumah tangga sehat, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melatih 78 petugas. Dimana mereka nantinya akan membantu dalam pendataan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan dengan mengacu kepada 10 indikator yang ada.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, May Haryanti memaparkan, dengan pelatihan ini, diharapkan kepada 78 petugas tersebut lebih mahir dalam melakukan pengisian penilaian PHBS di Kota Depok. Walaupun sebenarnya mereka sudah mengerti bagaimana cara mengisi nilai PHBS.

"78 petugas itu berasal dari masing-masing kelurahan, kecamatan, dan Pokja 4 TP PKK Kota Depok," tuturnya belum lama ini.

Ia memaparkan, tujuan dari pelatihan ini agar para kader dapat ikut menggerakkan dan melakukan proses pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatann termasuk PHBS, khususnya di rumah tangga. Ada 10 indikator yang dinilai, yakni tidak merokok, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif, imunisasi, balita ditimbang, sarapan pagi, makan buah dan sayur, cuci tangan, gosok gigi, dan rajin olahraga.

"Nantinya para kader ini akan melakukan pendataan kepada masyarakat. Apakah sudah memenuhi indikator atau belum," katanya.

"Dengan pelatihan yang kita berikan, maka pendataan PHBS tahun ini bisa terlaksana dengan baik. Hingga nantinya Dinkes akan mendapatkan data yang akurat terkait angka PHBS di Kota Depok," tutup May.

Komentar