Budi Agustinah Dinobatkan Sebagai "Kartini" di Depok



KIM DEPOK - Melalui acara Inspirasi Kartini Depok 2017 yang berlangsung di D'Mall, Sabtu (22/04/17), perayaan Hari Kartini berlangsung meriah. Pasalnya, selain di isi dengan tarian oleh ibu-ibu dari komunitas Ikatan Light Dancing Indonesia (ILDI), turut hadir pula Putri Indonesia 2017, Bunga Jelitha Ibrani. Kehadiran Bunga membuat acara yang berlangsung hingga malam ini semakin meriah.

Tak hanya tarian dan beberapa hiburan, dalam Inspirasi Kartini Depok 2017 tersebut juga memberikan penganugerahan terhadap perempuan inspiratif di Depok. Ada 10 nominator perempuan  yang karena kiprahnya di tengah masyarakat bisa menginspirasi kaum wanita sebagaimana RA Kartini dahulu. Dimana pada masa itu, RA Kartini berjuang untuk mendorong emansipasi bagi perempuan Indonesia.

Salah satu di antara para nominator yang memperoleh poin terbaik adalah Dra. Budi Agustinah. Dimana wanita tersebut adalah pemilik dari sanggar Ayodya Pala Art Center, yang didirikan pada tanggal 24 April 1981. Sebagai pelatih tari tradisional Indonesia, di sanggarnya itu dia tidak hanya mendidik tapi juga melestarikan dan mengembangkan seni Nusantara.

Dalam kurun waktu 36 tahun, Ayodya Pala telah memiliki 31 cabang untuk melatih anak-anak dan remaja yang berminat pada seni tari tradisional Indonesia. Kini, sanggar yang dikelolanya juga bergerak dalam usaha entertainmen yang aktif menjual berbagai paket kesenian tradisional dan modern. Terpilihnya Budi Agustinah diapresiasi Istri Wakil Walikota Depok, Marta Pradi Supriatna.

Dia menilai, sosok Budi Agustinah adalah sosok yang luar biasa dalam membangun dan melestarikan budaya Indonesia hingga ke mancanegara. Tak sampai disitu, Etin, panggilan akrab Budi Agustinah, dinilai sosok yang bersahabat dan tak kenal lelah dalam melestarikan budaya di Depok.

"Beliau sosok yang tangguh serta menginspirasi perempuan lainnya di luar sana untuk terus berkarya membangun daerah di bidang apa saja. Tapi harap di ingat, jangan lupakan kodratnya sebagai wanita ditengah kesibukannya meniti karir," katanya.

Dalam acara tersebut selain di hadiri Istri Wakil Walikota Depok, Marta Pradi Supriatna, turut pula hadir Istri Ketua DPRD Kota Depok, Chiko Hendrik Tangke Allo, serta Perwakilan Yayasan Putri Indonesia, Rieta Loen.

Komentar